Family

Family

Selasa, 10 Desember 2013

Makalah Askep Diare



KATA PENGANTAR
            Penulis Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmat dan Karunia-Nya sehingga makalah yang membahas tentang MAKALAH ASKEP DIARE” dapat selesai tepat pada waktunya sebagai salah satu tugas dari mata kuliah HIV/AIDS.
            Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari harapan pembaca yang mana di dalamnya masih terdapat berbagai kesalahan baik dari sistem penulisan maupun isi. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun sehingga dalam makalah berikutnya dapat diperbaiki serta ditingkatkan kualitasnya.
            Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                         Kendari,     Desember  2013

                                                                                                              Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ……………………………………………………...................................                        i
DAFTAR ISI ……………………………………………………….............................................            ii
BAB I     PENDAHULUAN  ...............………………………….…………………………..……..           1
Latar Belakang ………………………………………………..................................           1
Rumusan Masalah ……………………………………………………………………......            3
Tujuan ………………..……………………………............................................... 3
Manfaat …………………………………………………………………………………........            3

BAB II    PEMBAHASAN .......................................................................……….            4
Pengertian  ...................................……………….....................................            4
Etiologi ...............................................................................................            5
Patofisiologi .......................................................................................            5
Penyimpangan KDM ..........................................................................            7
Manifestasi Klinis ...............................................................................            8
Pemeriksaan Penunjang ....................................................................            8
Komplikasi ..........................................................................................            9
Pengkajian …………………...................................................................           10
Diagnosa Keperawatan  ..................................................................           11
Intervensi  ……………………..................................................................          11

BAB III   PENUTUP  .........................................................................................           14
Kesimpulan  ......................................................................................            14
Saran  ................................................................................................           14

DAFTAR PUSTAKA  ..........................................................................................          15




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
            Diare atau dikenal dengan sebutan mencret memang merupakan penyakit yang masih banyak terjadi pada masa kanak dan bahkan menjadi salah satu penyakit yang banyak menjadi penyebab kematian anak yang berusia di bawah lima tahun (balita). Karenanya, kekhawatiran orang tua terhadap penyakit diare adalah hal yang wajar dan harus dimengerti. Justru yang menjadi masalah adalah apabila ada orang tua yang bersikap tidak acuh atau kurang waspada terhadap anak yang mengalami diare. Misalnya, pada sebagian kalangan masyarakat, diare dipercaya atau dianggap sebagai pertanda bahwa anak akan bertumbuh atau berkembang. Kepercayaan seperti itu secara tidak sadar dapat mengurangi kewaspadaan orang tua.  sehingga mungkin saja diare akan membahayakan anak. (anaksehat.blogdrive.com).
            Menurut data United Nations Children’s Fund (UNICEF) dan World Health Organization (WHO) pada 2009, diare merupakan penyebab kematian nomor 2 pada balita di dunia, nomor 3 pada bayi, dan nomor 5 bagi segala umur. Data UNICEF memberitakan bahwa 1,5 juta anak meninggal dunia setiap tahunnya karena diare
            Angka tersebut bahkan masih lebih besar dari korban AIDS, malaria, dan cacar jika digabung. Sayang, di beberapa negara berkembang, hanya 39 persen penderita mendapatkan penanganan serius.
            Di Indonesia sendiri, sekira 162 ribu balita meninggal setiap tahun atau sekira 460 balita setiap harinya akibat diare. Daerah Jawa Barat merupakan salah satu yang tertinggi, di mana kasus kematian akibat diare banyak menimpa anak berusia di bawah 5 tahun. Umumnya, kematian disebabkan dehidrasi karena keterlambatan orangtua memberikan perawatan pertama saat anak terkena diare.
            Diare disebabkan faktor cuaca, lingkungan, dan makanan. Perubahan iklim, kondisi lingkungan kotor, dan kurang memerhatikan kebersihan makanan merupakan faktor utamanya. Penularan diare umumnya melalui 4F, yaitu Food, Fly , Feces, dan Finger.
            Oleh karena itu, upaya pencegahan diare yang praktis adalah dengan memutus rantai penularan tersebut. Sesuai data UNICEF awal Juni 2010, ditemukan salah satu pemicu diare baru, yaitu bakteri Clostridium difficile yang dapat menyebabkan infeksi mematikan di saluran pencernaan. Bakteri ini hidup di udara dan dapat dibawa oleh lalat yang hinggap di makanan. (lifestyle.okezone.com).
           Angka kejadian diare di sebagian besar wilayah Indonesia hingga saat ini masih tinggi. Di Indonesia, sekitar 162 ribu balita meninggal setiap tahun atau sekitar 460 balita setiap harinya. Dari hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian nomor 2 pada balita dan nomor 3 bagi bayi serta nomor 5 bagi semua umur. Setiap anak di Indonesia mengalami episode diare sebanyak 1,6 – 2 kali per tahun
            Kasubdit Diare dan Kecacingan Depkes, I Wayan Widaya mengatakan hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2004, angka kematian akibat diare 23 per 100 ribu penduduk dan pada balita 75 per 100 ribu balita. Selama tahun 2006 sebanyak 41 kabupaten di 16 provinsi melaporkan KLB (kejadian luar biasa) diare di wilayahnya. Jumlah kasus diare yang dilaporkan sebanyak 10.980 dan 277 diantaranya menyebabkan kematian. Hal tersebut, terutama disebabkan rendahnya ketersediaan air bersih, sanitasi buruk dan perilaku hidup tidak sehat. (piogama.ugm.ac.id).
            Sedangkan di Provinsi Riau Pada 27 maret 2008 tercatat Diare 182 kasus yang diakibatkan adanya banjir di Provinsi Riau. Adapun kecamatan yang terkena banjir sebanyak 36 kecamatan, 164 desa, 29.950 Kepala Keluarga atau 60.950 Jiwa
            Sepintas diare terdengar sepele dan sangat umum terjadi. Namun, ini bukan alasan untuk mengabaikannya, dehidrasi pada penderita diare bisa membahayakan dan ternyata ada beberapa jenis yang menular.Diare kebanyakan disebabkan oleh Virus atau bakteri yang masuk ke makanan atau minuman, makanan berbumbu tajam, alergi makanan, reaksi obat, alkohol dan bahkan perubahan emosi juga dapat menyebabkan diare, begitu pula sejumlah penyakit tertentu.

 
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1   Apa definisi Diare?
1.2.2   Jenis-jenis Diare?
1.2.3   Apa Etiologi/Penyebab Diare?
1.2.4   Asuhan Keperawatan Diare?

1.3  Tujuan
1.3.1   Mengetahui  pengertian Diare.
1.3.2   Mengetahui  jenis-jenis Diare.
1.3.3   Mengetahui  penyebab Diare.
1.3.4   Mengetahui  asuhan keperawatan Diare.

1.4  Manfaat
1.4.1   Makalah ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengembangkan dan paham akan perawatan Diare.
1.4.2   Dengan melakukan pembutan makalah ini, penulis dapat mengetahui dan memahami secara spesifik tentang Diare.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1     Konsep Dasar Penyakit
2.1.1   Definisi
           Menurut Haroen N, S. Suraatmaja dan P.O Asdil (1998), diare adalah defekasi encer lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa darah atau lendir dalam tinja.
           Sedangkan menurut C.L Betz & L.A Sowden (1996) diare merupakan suatu keadaan terjadinya inflamasi mukosa lambung atau usus.
           Menurut Suradi & Rita (2001), diare diartikan sebagai suatu keadaan dimana terjadinya kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan yang terjadi karena frekuensi buang air besar satu kali atau lebih dengan bentuk encer atau cair.
           Jadi diare dapat diartikan suatu kondisi, buang air besar yang tidak normal yaitu lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi tinja yang encer dapat disertai atau tanpa disertai darah atau lendir sebagai akibat dari terjadinya proses inflamasi pada lambung atau usus.

2.1.2     Klasifikasi Diare
           Klasifikasi diare berdasarkan lama waktu diare terdiri dari diare akut, diare persisten dan diare kronis. (Asnil et al, 2003).
a.  Diare Akut
Diare akut adalah diare yang terjadi sewaktu-waktu, berlangsung kurang dari 14 hari, dengan pengeluaran tinja lunak atau cair yang dapat atau tanpa disertai lendir dan darah
b.  Diare Persisten
Diare persisten adalah diare yang berlangsung 15-30 hari, merupakan kelanjutan dari diare akut atau peralihan antara diare akut dan kronik.
 
c.  Diare kronis
Diare kronis adalah diare hilang-timbul, atau berlangsung lama dengan penyebab non-infeksi, seperti penyakit sensitif terhadap gluten atau gangguan metabolisme yang menurun. Lama diare kronik lebih dari 30 hari.

2.1.3     Etiologi
a.  Faktor infeksi
ü  Infeksi enteral; infeksi saluran pencernaan yang merupakan penyebab utama diare, meliputi infeksi bakteri (Vibrio, E. coli, Salmonella, Shigella, Campylobacter, Yersinia, Aeromonas, dsb), infeksi virus (Enterovirus, Adenovirus, Rotavirus, Astrovirus, dll), infeksi parasit (E. hystolytica, G.lamblia, T. hominis) dan jamur (C. albicans).
ü  Infeksi parenteral; merupakan infeksi di luar sistem pencernaan yang dapat menimbulkan diare seperti: otitis media akut, tonsilitis, bronkopneumonia, ensefalitis dan sebagainya.
b.  Faktor Makanan:
     Diare dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan basi, beracun dan alergi terhadap jenis makanan tertentu.
c.  Faktor Psikologis
     Diare dapat terjadi karena faktor psikologis (rasa takut dan cemas).

2.1.4     Patofisiologi
 Mekanisme dasar yang menyebabkan timbulnya diare ialah:
a.   Gangguan osmotic
            Adanya makanan atau zat yang tidak dapat diserap akan menyebabkan tekanan osmotik dalam lumen usus meningkat sehingga terjadi pergeseran air dan elektroloit ke dalam lumen usus. Isi rongga usus yang berlebihan akan merangsang usus untuk mengeluarkannya sehingga timbul diare.

b.  Gangguan sekresi
            Akibat rangsangan tertentu (misalnya toksin) pada dinding usus akan terjadi peningkatan sekresi, air dan elektrolit ke dalam lumen usus dan selanjutnya timbul diare kerena peningkatan isi lumen usus.
c.  Gangguan motilitas usus.
            Hiperperistaltik akan menyebabkan berkurangnya kesempatan usus untuk menyerap makanan sehingga timbul diare. Sebaliknya bila peristaltik usus menurun akan mengakibatkan bakteri tumbuh berlebihan, selanjutnya dapat timbul diare pula.


2.1.7   Patway



 
 
2.1.6   Gejala Diare
           Beberapa gejala penyakit diare dapat langsung dikenali atau dirasakan oleh penderita. Di antara gejala tersebut adalah:
ü   Buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan
ü   Tinja yang encer dengan frekuensi 4 x atau lebih dalam sehari
ü   Pegal pada punggung, dan perut sering berbunyi
ü   Mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh)
ü   Diare yang disebabkan oleh virus dapat menimbulkan mual dan muntah-muntah
ü   Badan lesu atau lemah
ü   Panas
ü   Tidak nafsu makan
ü   Darah dan lendir dalam kotoran

2.1.7   Pemeriksaan Penunjang
Menurut Hassan dan Alatas (1998) pemeriksaan laboratorium pada diare adalah:
a.  Feses
ü  Makroskopis dan Mikroskopis
ü  pH dan kadar gula pada tinja dengan kertas lakmus dan tablet clinitest, bila diduga terdapat intoleransi gula.
ü  Biakan dan uji resisten.
b.  Pemeriksaan keseimbangan asam basa dalam darah, dengan menentukan pH dan cadangan alkalin atau dengan analisa gas darah.
c.  Ureum kreatinin untuk mengetahui faal ginjal.
d.  Elektrolit terutama natrium, kalium dan fosfor dalam serium.
e.  Pemeriksaan Intubasi deudenum untuk mengetahui jenis jasad renik atau parasit.


2.1.8   Komplikasi
a.  Dehidrasi (ringan, sedang, berat, hipotonik, isotonik atau hipertonik).
b.  Renjatan hipovolemik.
c.  Hipokalemia (dengan gejala mekorismus, hiptoni otot, lemah, bradikardi, perubahan pada elektro kardiagram).
d.  Hipoglikemia.
e.  Intoleransi laktosa sekunder, sebagai akibat defisiensi enzim laktase karena kerusakan vili mukosa, usus halus.
f.  Kejang terutama pada dehidrasi hipertonik.
g.  Malnutrisi energi, protein, karena selain diare dan muntah, penderita juga mengalami kelaparan.


2.2      Konsep Dasar Keperawatan
2.2.1   Pengkajian
a.  Identitas klien.
b.  Riwayat keperawatan.
ü  Awalan serangan : Suhu tubuh meningkat,anoreksia kemudian timbul diare.
ü  Keluhan utama : Faeces semakin cair, muntah, bila kehilangan banyak air dan elektrolit terjadi gejala dehidrasi, berat badan menurun. Pada bayi ubun-ubun besar cekung, tonus dan turgor kulit berkurang, selaput lendir mulut dan bibir kering, frekwensi BAB lebih dari 4 kali dengan konsistensi encer.
c.  Riwayat kesehatan masa lalu.
     Riwayat penyakit yang diderita, riwayat pemberian imunisasi.
d.  Riwayat psikososial keluarga.
            Hospitalisasi akan menjadi stressor bagi anak itu sendiri maupun bagi keluarga, kecemasan meningkat jika orang tua tidak mengetahui prosedur dan pengobatan anak, setelah menyadari penyakit anaknya, mereka akan bereaksi dengan marah dan merasa bersalah.
e.  Kebutuhan dasar.
ü   Pola eliminasi
Akan mengalami perubahan yaitu BAB lebih dari 4 kali sehari, BAK sedikit atau jarang.
ü   Pola nutrisi
Diawali dengan mual, muntah, anopreksia, menyebabkan penurunan berat badan pasien.
ü   Pola tidur dan istirahat
Terganggu karena adanya distensi abdomen yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman.
ü   Pola hygiene
Kebiasaan mandi setiap harinya.

ü   Aktivitas
Akan terganggu karena kondisi tubuh yang lemah dan adanya nyeri akibat distensi abdomen.

2.2.2   Pemerikasaan fisik.
a.  Pemeriksaan psikologis :
         Keadaan umum tampak lemah, kesadaran composmentis sampai koma, suhu tubuh tinggi, nadi cepat dan lemah, pernapasan agak cepat.
b.  Pemeriksaan sistematik :
ü  Inspeksi : mata cekung, ubun-ubun besar, selaput lendir, mulut dan bibir kering, berat badan menurun, anus kemerahan.
ü  Perkusi : adanya distensi abdomen.
ü  Palpasi : Turgor kulit kurang elastis
ü  Auskultasi : terdengarnya bising usus.

2.2.3   Diagnosa Keperawatan
a. Intoleransi Aktivitas
b. Kekurangan volume cairan
c. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
d. Resiko Kerusakan Integritas Kulit

2.2.4   Intervensi
No.
Diagnosa Keperawatan
NOC
NIC
1.

Intolerasi Aktivitas
·      Konservasi energi.
·      Toleransi aktivitas.
·      Perawatan diri.
Kriteria hasil :
·       Berpatisipasi dalam aktivitas fisik.
·      Mampu melakukan aktivitas sehari – hari secara mandiri.
Terapi aktivitas :
·      Bantu klien untuk mengidentifikasi aktivitas yang mampu dilakukan.
·      Bantu untuk memilih aktivitas konsisten yang sesuai dengan kemampuan fisik, psikologi dan social.
·      Bantu untuk mengidentivikasi dan mendapatkan sumber yang diperlukan untuk aktivitas yang diinginkan.
·      Bantu untuk mengidentifikasi aktivitas yang disukai.
2.
Kekurangan Volume Cairan
·      Keseimbangan elektrolit/Cairan.
·      Status Nutrisi.
Kriteria hasil :
·       Tidak mengalami haus yang tidak normal.
·      Memiliki keseimbangan asupandan haluaran yang seimbang dalam 24 jam.
·      Membran mukosa lembap dan mampu berkeringat.
·      Memiliki asupan cairan oral/atau intravena yang kuat.
·      Bantu klien untuk meningkatkan eletrolit dan cairan.
·      Bantu untuk meningkatkan keseimbangan cairan dan mencegah komplikasi kadar cairan yang abnormal atau yang tidak diharapkan.
·      Bantu untuk menyediakan asupan makanan dan cairan dalam diet seimbang.
·      Kumpulkan dan analisa data pasien untuk mencegah atau meminimalkan malnutrisi.
3.
Ketidakseimbangan Nutrisi Kurang dari Kebutuhan Tubuh
·      Selera makan.
·      Status gizi.
Kriteria hasil :
·       Punya keinginan untuk makan ketika dalam keadaan sakit atau sedang menjalani pengobatan.
·      Melaporkan tingkat energy yang adekuat.
·      Membantu dan menyediakan asupan makanan diet seimbang.
·      Bantu untuk makan.
·      Merangsang selera makan pasien dengan cara mecari tahu makanan kesukaan.
4.
Kerusakan integritas Kulit
·      Respon Alergi.
·      Iritasi.
·      Perawatan diri.
Kriteria hasil :
·       Tidak ada tanda-tanda iritasi pada sekitar Perianal.
·      Bantu klien untuk menjaga kebersihan.
·      Bantu untuk mencegah iritasi pada perineal.




BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan
      Diare adalah defekasi encer lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa darah atau lendir dalam tinja. Diare juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana terjadinya kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan yang terjadi karena frekuensi buang air besar satu kali atau lebih dengan bentuk encer atau cair.
            Jadi diare dapat diartikan suatu kondisi, buang air besar yang tidak normal yaitu lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi tinja yang encer dapat disertai atau tanpa disertai darah atau lendir sebagai akibat dari terjadinya proses inflamasi pada lambung atau usus.

3.2   Saran
Dengan dibuatnya asuhan keperawatan pada klien yang mengalami Diare ini diharapkan mahasiswa untuk lebih bisa memahami, mengetahui dan mengerti tentang cara pembuatan asuhan keperawatan pada klien yang mengalami Diare.



DAFTAR PUSTAKA


3.      Aplikasi asuhan keperawatan berdasarkan diagnose medis & Nanda Nic Noc edisi revisi Jilid 1 tahun 2013.
4.      Aplikasi asuhan keperawatan berdasarkan diagnose medis & Nanda Nic Noc edisi revisi Jilid 2 tahun 2013.
5.      Diagnosis keperawatan definisi dan klasifikasi tahun 2012-1014.
6.      Buku saku diagnosis keperawatan edisi 9 oleh Judith M. Wilkinson dan Nancy R. Ahern.


4 komentar:

  1. Wow postingan yang bagus terima kasih sudah berbagi.
    Bagi yang mau mengetahui cara mengatasi diare secara alami anda bisa membacanya di
    Cara Mudah Mengobati Penyakit Diare Secara Alami

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya yang sangat menarik dan pastinya bermanfaat. sukses dan jangan lupa kunjungi blog kami :)

    BalasHapus
  3. Ada Obat Herbal Alami yang aman & efektif. Untuk Panggilan Cure Total +2349010754824, atau email dia drrealakhigbe@gmail.com Untuk Janji dengan (Dr.) AKHIGBE hubungi dia. Pengobatan dengan Obat Herbal Alami. Untuk: Demam Berdarah, Malaria. Menstruasi yang Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Bakteri Diare.Herpatitis A&B, Rabies. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Dll. Ambil Tindakan Sekarang. hubungi dia & Pesan untuk Pengobatan Herbal Alami Anda: +2349010754824 dan kirimkan email ke drrealakhigbe@gmail.com Catatan Untuk Pengangkatan dengan (Dr.) AKHIGBE. Saya menderita kanker selama setahun dan tiga bulan meninggal karena sakit dan penuh patah hati. Suatu hari saya mencari melalui internet dan saya menemukan kesaksian penyembuhan herpes oleh dokter Akhigbe. Jadi saya menghubungi dia untuk mencoba keberuntungan saya, kami berbicara dan dia mengirimi saya obat melalui jasa kurir dan dengan instruksi tentang cara meminumnya. . Saya tidak benar-benar tahu bagaimana itu terjadi tetapi ada kekuatan dalam pengobatan herbal Dr Akhigbe. Dia adalah dokter jamu yang baik.

    BalasHapus